Translate

Kamis, 10 Maret 2016

Balikpapan Bisa - Kiat Menjadi Pengusaha Telur Ayam dan Cara Memulai Bisnis Telur Ayam Sukses Agar Anda Jadi Milyader - Balikpapan.Com

Kiat wirausaha ~Telur ayam adalah salah satu jenis sembako yang selalu diminati para konsumen.  Selain rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan, harga telur ayam juga sangat terjangkau.
Tidak ada kata sukses jika tidak dengan usaha. Sukses tentu tidak datang dengan sendirinya, untuk itu dibutuhkan kerja cerdas dan fokus dalam berusaha. Kata kunci ini berlaku juga untuk anda yang berniat menjadi seorang pengusaha telur ayam.

Mitra Sukses - Berbisnis telur ayam memang cukup menjanjikan keuntungan mengingat kebutuhan akan telur ayam sangat besar dan perputaran bisnisnya pun cepat. Sebagai seorang start up, baiknya sebelum anda memutuskan untuk memulai usaha lakukanlah riset kecil-kecilan.

Silahkan simak kiat wirausaha berdagang telur berikut ini :

Tentukan Terlebih Dahulu Telur Ayam yang ingin dijual
Telur ayam terdiri dari beberapa macam. Ada telur ayam ras, telur ayam kampung dan telur ayam negeri.  Meskipun sama-sama telur ayam namun pemasaran dan penanganan telur-telur ayam ini jelas berbeda.  Peminatnya pun berbeda-beda. Telur ayam ras adalah jenis telur ayam yang paling banyak permintaannya di pasaran. Sedangkan telur ayam kampung dan telur ayam negeri masing-masing punya peminat sendiri dan tidak sebesar telur ayam ras. Kami sarankan untuk awal, Anda mencoba untuk berjualan telur ayam ras.

Jenis Telur Paling Laris
Riset yang anda perlu lakukan adalah mencari jenis telur apa yang paling laris sekitar wilayah anda. Biasanya jenis telur ayam negeri yang menjadi primadona. Karena telur ini paling banyak digunakan untuk beragam jenis masakan, kue dan lain sebagainya.
Peluang usaha sebagai pedagang telur ayam selalu terbuka dan menjanjikan keuntungan yang cukup. Namun berdagang telur tidak juga semudah yang Anda bayangkan. Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis berdagang telur.

Saatnya berjualan
Jangan menunggu lama untuk beraksi.  Sebagai seorang pemula di bisnis ini, anda harus cerdas dalam berjualan. Telur adalah bahan makanan yang memiliki tingkat ketahanan rendah. Sehingga perputaran penjualannya harus cepat untuk menghindari kerugian. Untuk menghindari resiko busuk, jangan memasok stok telur dengan jumlah banyak.  Sebagai informasi telur hanya bisa bertahan paling lama dua minggu. Untuk  permulaan anda bisa menjual 1- 2 rak terlebih dahulu. Hitung-hitung kalau tidak laku, dari pada busuk, telur-telur tersebut bisa anda pergunakan untuk keperluan sendiri. Dengan begitu anda tidak terlampau rugi
Selanjutnya jika perputaran penjualan sudah baik, anda bisa memasok stok telur lebih banyak menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Selain itu pilihan telur juga bisa variasikan dengan menambah jenis telur lain misalnya telur bebek, telur ayam Ras Horn dan telur ayam kampung.

Carilah Pemasok Besar Telur Ayam
Produksi telur ayam di Indonesia cukup berlimpah, Anda bisa mencari pemasok telur ayam di sekitar wilayah Anda. Usahakan untuk mendapatkan pemasok besar. Selain stok telur yang banyak, harga di pemasok besar juga pastinya lebih murah.  Harus Anda ingat meskipun harga pemasok besar murah, Anda juga harus tetap menawar untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

Menyiasati Pasokan Telur
Agar pasokan telur ayam Anda tetap terjaga, Anda harus mencari pemasok telur ayam alternatif. Sehingga pasokan telur ayam Anda tidak bergantung hanya pada satu tempat.  Anda bisa mencari di sentra peternakan ayam petelur di kota Anda atau sampai ke luar kota. Dengan begitu bila salah satu pemasok telur ayam Anda bermasalah, masih ada pemasok lain yang bisa Anda andalkan.
Pedagang  telur beragam tingkatannya. Enaknya menjadi seorang pengusaha karena pilihan berada ditangan Anda. Anda bebas memilih ingin menjadi pengusaha telur di level yang mana. Pilihannya  mulai dari peternak, pengepul, Distributor ,  dan juga Agen telur ayam.
Jika anda memiliki lahan yang mumpuni serta lingkungan yang cocok untuk mengembang biakkan ayam petelur. Maka anda bisa menjadi seorang peternak  untuk memenuhi stok telur.  Jika tidak, pilihan berada di level lain. Anda harus mencari pemasok telur yang bisa anda ajak untuk bekerja sama.
Carilah dua atau tiga pemasok untuk memenuhi stok telur ayam anda. Hal ini sangat baik untuk menghindari kekurangan stok telur ayam.

Bagaimana Cara Memasarkan Telur Ayam
Telur ayam adalah salah satu sembako yang diminati banyak orang namun berdagang telur ayam perlu berhati-hati karena telur ayam mudah pecah dan tidak tahan lama. Telur ayam hanya bertahan sekitar seminggu. Untuk itu perputaran telur ayam dari pemasok ke pedagang harus cepat. Agar telur yang dipasarkan masih segar.
Untuk memasarkan telur ayam, bisa dengan beberapa cara. Pertama Yang umum orang lakukan adalah menyewa lapak dipasar lalu menggelar jualan telur ayam.  Kedua, Anda bisa mencoba menitip jualkan telur ayam anda ke warung-warung sekitar rumah. Ketiga, Anda bisa menjualnya secara langsung dengan menggunakan mobil bak terbuka ataukah menggunakan motor box yaitu sepeda motor dengan box dibelakangnya.

Tentukan Harga yang kompetitif
Karena diminati oleh banyak orang dan juga merupakan peluang usaha yang menjanjikan, tentunya yang menjadi agen telur ayam bukan hanya Anda saja.  Dari sini tentu terjadilah persaingan usaha.  Agar tidak kalah bersaing, selain mutu yang harus Anda jaga, penentuan harga jual juga harus kompetitif. Jangan memberikan harga jual yang terlalu tinggi, jangan juga menjual terlalu murah. Anda harus berprinsip biar untung sedikit yang jelas perputaran lancar.
Harga telur ayam memang bergantung pada kondisi pasar. Di hari hari tertentu, harga telur ayam bisa melonjak sangat tinggi. Mengatasi hal ini, anda perlu membuat perjanjian dengan pemasok masalah harga. Misalnya dengan menentukan harga pembelian dalam periode tertentu.

Jangkauan konsumen
Misi anda adalah mendekatkan telur ayam pada konsumen. Sehingga konsumen tidak perlu jauh-jauh jika ingin membeli telur ayam. Milikilah alat transportasi untuk menjangkau pemasok dan pembeli.  Pilihlah lokasi berjualan yang tak jauh agar telur ayam sampai dalam kondisi yang baik di tangan pembeli.

TIPS WIRAUSAHA MAKMUR – Telur ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.
Bahan makanan yang satu ini selalu laku dipasaran terlebih ketika mendekati perayaan agama seperti Maulid Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam dan juga Perayaan Paskah bagi umat Kristen begitu juga pada hari-hari besar lainnya.
Besarnya minat masyarat pada telur ayam menjadikan bisnis telur ayam tidak pernah mati atau lesu. Ini dibuktikan oleh Melati Fajarwati, seorang pengusaha telur di Pontianak yang omzet pertahunnya mencapai 4,3 Miliar.
Untuk memulai bisnis menggiurkan ini Anda harus mengeluarkan sedikit modal untuk membuat kandang ayam kemudian membeli dan memelihara beberapa ayam petelur.
Awalnya Melati Fajarwati yang akrab disapa Mela melihat bisnis peternakan ayam balqis milik tetangganya. Dari sinilah Mela mulai terinspirasi kemudian membuka usaha sejenis dengan pengolaan yang lebih matang.
Kisah Sukses Pebisnis Telur Ayam
Memanfaatkan lahan yang masih mumpuni di Kalimantan Barat, Mela memberanikan diri untuk membuat bisnis plan dan membangun usaha peternakan.
Mela pun menargetkan pasar telur ayam organik dari jenis ayam Balqis atau biasa disebut ayam Arab. Harga telur ayam ini relative lebih mahal dari telur ayam biasa karena kualitas dan ukurannya pun berbeda.
Namun jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk memelihara ayam petelur, Anda tetap bisa kok berbisnis telur ayam. Caranya  dengan menjadi reseller telur ayam seperti yang dilakoni oleh Saripudin JY. Pria 38 tahun yang mengaku tak tamat SMU ini mendapatkan omzet sekitar Rp 25 juta perharinya.
Awalnya Pak Sarifuddin hanya diajak oleh kawannya untuk bisnis agen telur.  Itu pun sempat Ia tolak dua kali. Maklum sebagai pemula Ia selalu dihantui rasa takut akan resiko telur pecah, telur busuk, tidak laku dijual dan lain sebagainya.
Tak iya sangka dengan  melakoni  peluang bisnis inilah ia mendapatkan limpahan rejeki. Saripudin memulai usahanya dengan bermodalkan Rp 112 juta dari pinjaman Bank BRI.
Menurutnya,  Anda harus membuat peta pasar, yaitu menentukan daerah pemasaran telur-telur jualan Anda seperti penjual partai besar, agen dan warung-warung.
Kemudian lokasi usaha Anda harus berjauhan dari agen besar yang sudah ada. Tips ini yang membuat bisnis telurnya berjalan efektif. Bisnis ini merupakan bisnis jaringan yang harus dibina dengan baik agar tidak merusak pasar.
Sedikit saran bagi Anda yang pemula, mulailah bisnis dari skala kecil terlebih dahulu sambil melihat perkembangan dan penyesuaian modal yang bisa Anda dapatkan.
Demikian sedikit ulasan tentang cara berbisnis telur ayam yang kami sajikan. Semoga kiat wirausaha berdagang telur ayam ini bermanfaat untuk Anda.

Balikpapan Bisa.Com Balikpapan Bisa.Com Balikpapan Bisa.Com Balikpapan Bisa.Com Balikpapan Bisa.Com Balikpapan Bisa.Com

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus