Translate

Selasa, 05 April 2016

Balikpapan WiraUsaha - Mari Menilik Peluang Usaha Terbaru Di Balikpapan - Balikpapan Bisnis.com

Banyak uang memang tak menjamin Anda dapat mengelola keuangan dengan baik. Tetapi, banyak uang dapat membuat Anda lebih leluasa mengatur keuangan.
Itu sebabnya, saat penghasilan bulanan Anda tak lagi mampu menutupi segala kebutuhan Anda dan keluarga, maka mencari penghasilan tambahan adalah suatu keharusan.
Mencari sebuah peluang usaha terbaru di Balikpapan pada saat ini mungkin memang dapat dikatakan bukanlah merupakan perihal yang mudah untuk dilakukan, pasalnya sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa sebuah peluang usaha yang baru merupakan peluang usaha yang belum banyak dijalankan atau bahkan belum dijalankan dan diketahui oleh banyak kalangan pelaku usaha pada umumnya. Dikatakan sulit untuk dilakukan karena mungkin anda sendiri juga sudah mengetahuinya bahwa pada saat ini sudah hampir berbagai macam sektor usaha atau bisnis dijalankan oleh berbagai kalangan pelaku usaha yang ada, sehingga dengan kondisit tersebut maka peluang untuk dapat menemukan sebuah sektor usaha atau bisnsi yang baru memang semakin kecil prosentasenya.
Akan tetapi jika anda adalah seorang calon pelaku usaha yang kreatif dan jeli dalam melihat berbagai macam peluang usaha atau bisnis yang ada pada saat ini maka tidak menutup kemungkinan jika anda mampu menemukan sebuah peluang usaha atau bisnis yang baru, selain itu referensi mengenai dunia usaha atau bisnis sendiri juga diketahui sudah dapat ditemukan melalui berbagai informasi yang banyak tersaji di berbagai media pada saat ini. Dengan begitu maka diketahui semakin besar peluang untuk anda dalam menemukan sebuah sektor usaha atau bisnis yang masih terhitung baru pada saat ini, karena memang sebuah sektor usaha atau bisnis yang masih terhitung baru pada saat ini tentu akan memiliki tingkat kompetitor yang sangat rendah, sehingga sektor usaha atau bisnis yang baru tersebut akan lebih mudah maju dan berkembang.
Simak lima cara mendapatkan penghasilan tambahan, berikut ini:
1. Online. Kalau di kantor Anda dapat mengakses internet, tidak ada salahnya untuk membuka usaha toko online. Untuk awalnya, cukup dengan barang-barang bekas yang Anda atau teman-teman sekantor miliki, misalnya sunglasses, pakaian, tas, aksesori dan sebagainya. Di luar sana ada, lho, penggemar busana seken yang unik dan nyentrik. Yang harus Anda ingat adalah “toko” Anda harus punya nama yang mudah diingat serta distinctive alias beda dengan yang sudah ada. Kedua, kalau produk fashion yang Anda jual, pastikan Anda memiliki ukuran yang standar. Ketiga, foto sedetilnya dan ungkapkan kekurangan barang yang hendak dijual. Kejujuran Anda akan berbuah manis di bisnis online. Terakhir, alokasikan penghasilan Anda untuk kelak jika Anda harus berburu dan membeli stok barang buat toko, karena barang-barang pribadi Anda dan teman sudah habis terjual.
2. Hobi. Banyak yang menyebut usaha yang melibatkan atau berasal dari hobi sebagai weekend company, alias perusahaan yang dijalankan hanya pada saat akhir pekan. Maksudnya, Anda baru bisa mengerjakan pekerjaan yang diminta klien pada akhir pekan. Apakah hari lain Anda ongkang-ongkang kaki? Tentu tidak, karena Anda harus tetap melakukan promosi dan pemasaran bisnis Anda. Misalnya, dengan memiliki situs sebagai show case online produk Anda , dan sebagainya.
3. Network. Punya teman banyak ternyata juga modal untuk mendapatkan penghasilann tambahan. Itu sebabnya panting bagi Anda untuk mempunyai kemampuan yang spesifik di suatu bidang, lalu “umumkanlah” ke seluruh teman Anda. Atau, setidaknya, kalau Anda tidak mampu menyediakan jasa atau barang yang dicari, Anda dapat berlaku sebagai middle man/women alias makelar, dan menikmati persentase keuntungan dari kesepakatan yang disepakati. Anda juga bisa berbisnis MLM atau Multi Level Marketing bila memiliki banyak teman. Yang perlu diwaspadai, Anda harus memilih perusahaan MLM yang benar, bukannya yang bermodel money game atau skema ponzi seperti arisan berantai dan sebagainya. Yang harus benar-benar Anda camkan, jangan sampai gara-gara uang, persahabatan bubar.
4. Bisnis riil. Kalau penghasilan tambahan di atas didapatkan hanya sesekali, dengan memilik bisnis riil Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan yang lebih stabil. Membuka jasa foto kopi, warung kelontong, bahkan restoran, dapat Anda lakukan. Jadi, sambil Anda bekerja, mesin uang lain milik Anda tetap bekerja. Tentunya Anda harus pandai-pandai berstrategi agar bisnis riil Anda tidak merugi. Pemilihan jenis bisnis, lokasi, karyawan, sampai fungsi kontrol harus Anda benar-benar perhatikan.
 Peluang Usaha Terbaru 2015 Di Balikpapan Kalimantan
Terlebih di salah satu kota besar seperti di kota Balikpapan yang merupakan kota besar di Provinsi Kalimantan Timur, kota yang memiliki tingkat populasi penduduk yang padat tersebut memang diketahui sudah terdapat cukup banyak sektor usaha atau bisnis yang sudah dijalankan oleh berbagai kalangan masyarakatnya sendiri, sehingga memang tak heran jika sektor usaha atau bisnis baru di kota tersebut akan terhitung sangat prospektif dan menjanjikan. Seperti salah satu peluang usaha terbaru di Balikpapan yang dapat dicoba pada saat ini adalah peluang usaha atau bisnis waralaba, seperti contohnya waralaba makanan seperti warung angkringan grobakan atau nasi kucing yang mungkin akan terhitung baru jika dijual di kawasan Provinsi Kalimantan.
Karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa produk makanan tersebut merupakan produk makanan khas yang berasal dari Provinsi Jawa khususnya bagian Jawa Tengah, dirasa optimis dengan varian makanan khas tersebut karena contohnya nasi gudeg khas Jogja saja masih bisa diterima di berbagai daerah termasuk di Kalimantan maka dapat diprediksikan bahwa varian makanan lain khas Pulau Jawa sendiri juga akan diminati disana. Selain itu, tidak perlu susah atau repot membangun sektor usaha atau bisnis tersebut dari awal karena pada saat ini sudah banyak perusahaan waralaba atau franchise yang menyediakan angkringan atau nasi kucing tersebut, sehingga untuk anda yang tertarik maka hanya tinggal menyediakan investasi modal awal dan letak tempat usaha yang strategis.
Untuk informasinya sendiri tentu saja dapat dicari melalui media online seperti situs atau website karena pada saat ini sudah banyak perusahaan waralaba atua franchise yang bergerak di bidang kuliner atau  makanan yang juga dijalankan secara online, sehingga walaupun berbeda pulau namun proses kerjasama tentunya dapat dilakukan dengan baik melalui aturan tertentu. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai sebuah contoh peluang usaha terbaru di Balikpapan yang telah kita ketahui bersaama, semoga sedikit informasi peluang usaha terbaru terbaru di atas dapat membantu serta dapat bermanfaat untuk anda semuanya.
Balikpapan memang sedang menggeliat. Kota yang berada di propinsi Kalimantan Timur ini sejak dulu dikenal sebagai salah satu pusat aktivitas industri perminyakan dan gas di Indonesia.
Industri ini sudah berkembang sejak masa pemerintahan Belanda dan masih berkembang hingga kini.
Dan inilah yang menjadikan Balikpapan sebagai salah satu pusat populasi terbesar di Kalimantan, sekaligus mendorong terbukanya peluang usaha di Balikpapan.
Perkembangan industri perminyakan dan gas di kawasan ini menarik urbanisasi yang tinggi dari kota-kota kecil di sekitarnya menuju kota Balikpapan, juga imigrasi penduduk Jawa besar-besaran menuju Balikpapan yang sudah diawali sejak jaman Hindia Belanda.
Bahkan menurut data statistik, kota ini mewakili setidaknya 20 % penduduk Kalimantan, memiliki seluruh jenis suku yang ada di Kalimantan dan juga memiliki penduduk yang paling heterogen se-Kalimantan.
Perkembangan penduduk yang demikian pesat memberi banyak angin segar dalam perkembangan peluang usaha di Balikpapan. Karena mengembangkan banyak peluang usaha di Balikpapan yang terkenal sebagai daerah tidak subur meski memangku daerah aliran sungai yang cukup luas. Ini karena konon dipercaya tanah dari Balikpapan sudah terkontaminasi kandungan minyak dan gas yang tinggi di dalamnya.
Dan akibat dari dari perkembangan industri perminyakan dan gas di kota ini mendorong tingkat inflasi di kota ini sangat mengerikan. Harga-harga di kota ini dinobatkan sebagai harga tertinggi di Indonesia, dengan UMR tertinggi pula di Indonesia.
Tetapi dari sisi usaha, dengan tingkat harga yang demikian tinggi, bukankah bila Anda tepat mencari suplai Anda malah bisa meningkatkan perolehan margin dari usaha Anda.
peluang usaha di balikpapan
Lalu apa saja peluang usaha yang bisa Anda kembangkan di kota yang berjulukan Banua Patra atau Tanah Minyak ini? Berikut ini beberapa peluang usaha di kota Balikpapan yang bisa Anda jadikan pilihan.
1.        Peluang usaha property
Tingginya jumlah pendatang di kota ini, memicu peningkatan permintaan rumah tinggal yang sangat signifikan. Ini mendorong terbukanya peluang usaha property di kota ini. Harus diakui kendala dari bisnis ini adalah harga tanah yang bisa mencapai 2 kali harga tanah di pulau Jawa. Tetapi juga daya beli masyarakat relatif tinggi, sehingga Anda bisa mencapai margin yang lebih baik.
Soal bahan baku usaha property, beberapa memang harus Anda serap dari pasar Jawa yang artinya membebankan Anda biaya transportasi yang relatif mahal, tetapi beberapa justru lebih mudah Anda dapat di Kalimantan seperti kayu berkualitas tinggi.
2.      Peluang usaha kontraktor
Industri besar, pertambangan, pembangunan perkantoran dan pusat-pusat produksi menjadi salah satu hal yang dengan mudah Anda temukan di seluruh kota Balikpapan. Itu sebabnya usaha kontraktor di kota ini bisa menjadi sangat potensial.
Modal untuk bisnis macam ini memang relatif besar, mengingat yang Anda damping adalah perusahaan skala nasional dengan rasio usaha besar macam pertambangan dan industri bahan bakar. Tetapi soal keuntungan juga bisa mencapai milyaran untuk tiap proyek.
3.      Peluang usaha Distribusi
Posisi kota Balikpapan juga bisa membuka peluang usaha distribusi di kota ini. Tidak ada pabrikan produk konsumsi di kota ini sehingga sebagian besar produk konsumsi harus Anda ambil dari Jawa dan kota-kota di sekitar Balikpapan.
Anda bisa mengambil produk agro, fashion, berbagai produk konsumsi macam sabun, susu sampai pasta gigi serta berbagai produk lain seperti furniture, elektronik dan masih banyak lagi. Semua produk ini biasanya Anda ambil dari Jawa dan akan Anda salurkan ke beberapa pedagang di kota Balikpapan.
4.     Peluang usaha perdagangan
Ini adalah ide usaha lain yang berasal dari masalah yang sama yang Anda jumpai pada poin 3, yakni terbatasnya suplai berbagai produk konsumsi di kota ini. Anda bisa membuka berbagai macam usaha dagang, mulai dari produk elektronik, produk konsumsi sehari-hari baik berupa toko kelontong, minimarket sampai usaha semi supermarket, toko fashion hingga usaha dagang sayuran dan buah. Anda bisa menjalin kerjasama dengan distributor besar sebagai sumber suplai usaha Anda.
5.      Usaha kuliner
Usaha ini juga termasuk peluang usaha di Balikpapan yang menjanjikan. Dimanapun Anda berada, kuliner selalu saja dicari dan memiliki peluang besar untuk Anda kembangkan. Anda bisa membuka kuliner bergaya modern seperti menu steak atau pasta, kuliner umum yang dimanapun berada selalu dicari macam bakso, gado-gado atau siomay, sampai yang khas dari tanah Kalimantan.
6.     Usaha asrama
Banyaknya pendatang di kota ini tidak hanya membuka peluang usaha property, karena sebagian besar pendatang belum sepenuhnya mampu membeli rumah yang memang dikenal terbandrol dengan harga tinggi. Itu membuka peluang usaha asrama, untuk menyediakan tempat tinggal bagi pendatang dan karyawan dari kalangan menengah di kota ini.
Kira-kira bila Anda tertarik untuk memulai peluang bisnis Balikpapan terbaru di atas, manakah dari ide-ide usaha tersebut yang akan Anda pilih? Atau Anda memiliki ide peluang usaha di Balikpapan lain yang akan menarik untuk Anda jalankan?

SEMOGA MEMBERI ARTI DAN BERMANFAAT, SALAM SUKSES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar