Translate

Kamis, 31 Maret 2016

Balikpapan Wisata Destinasi - 24 TEMPAT WISATA DI BALIKPAPAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI - Balikpapan Bisa.com

Tempat Wisata di Balikpapan – Balikpapan merupakan salah satu Kota termaju di Indonesia. Kota ini menjadi sumber minyak di Indonesia yang memiliki perkembangan yang sangat pesat. Ternyata, dibalik julukannya sebagai kota minyak, Balikpapan memiliki sejuta keindahan alam yang wajib kita eksplorasi.
Kota ini terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur, jumlah penduduknya ada sekitar 701.066 jiwa. Tahukah anda bahwa Kota ini menjadi kota dengan biaya hidup paling mahal seindonesia, mungkin karena sebagai penghasil minyak ya. Kita tahu, sendiri bagaimana penghasilan pekerja perminyakan. Kota Balikpapan memiliki maskot beruang madu, tapi sayangnya beruang madu kini sudah hampir punah.
Itu tadi sedikit perkenalan mengenai Kota Balikapapn. Kali ini Balikpapan-Bisa akan mengajak akan berkeliling ke Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi. Mungkin selama ini yang paling diketahui dan tempat wisata paling terkenaldi Balikpapan adalah Pantai Kemala dan Pantai Manggar. Padahal masih ada banyak tempat wisata menarik di Balikpapan lainnya yang menunggu untuk anda kunjungi.

TEMPAT WISATA DI BALIKPAPAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Nah, salah satu tempat wisata di Balikpapan yang menarik dikunjungi adalah Hutan Lindung Sungai Wain, sebuah hutan tropis yang sangat alami dan adalah rumah bagi sejumlah flora dan fauna langka di dunia. Bagaimana anda sudah penasaran?

1. OBYEK WISATA CARIBBEAN ISLAND WATERPARK BALIKPAPAN
Obyek wisata di Balikapapn yang pertama adalah  caribbean island waterpark. Tempat bermain ini adalah yang terbesar di Indonesia Bagian Timur. Ada banyak sekali permaianan yang ditaarkan diwahana ini. CIW sangat cocok sekali untuk wisata keluargaa yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan bermain air.
Adapun lokasi Caribbean Island Waterpark ada di Jl. Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) Balikpapan. Selain dapat bermain dengan air sepuasnya ada juga wahana pertunjukan air di panggung terbuka dan flying fox. Untuk masuknya tidaklah mahal, anda hanya harus membayar Rp 45 ribu per orang (umum) atau Rp 25 ribu per orang untuk pelajar. Di akhir pekan, harga tiket masuk berlaku sama untuk semua tingkatan umur yaitu Rp 60 ribu per orang.
Bagaimana? Anda tertarik untuk bermain disini?
Obyek Wiata caribbean island waterpark balikpapan
2. TEMPAT WISATA ALAM HUTAN BAKAU MARGOMULYO BALIKPAPAN
Nah ini dia salah satu tempat wisata alam di Balikpapan yang wajib dikunjungi, hutan bakau Margomulyo. Hutan bakau ini menjadi habitat aneka burung, ikan dan hewan lainnya. Hutan yang begitu asri menyejukan mata serta udaranya yang segar akan membuat pikiran menjadi tenang.
Lokasi hutan ini dekat dengan pusat Kota. Di lokasi anda akan menemukan jembatan kayu sepanjang 800 meter yang berfungsi sebagai sarana penunjang bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman wisata di hutan tersebut. Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini memiliki menara intai, yang berguna untuk menyaksikan aneka  burung  yang tinggal dan hidup di hutan bakau tersebut. Jika Anda ingin menyaksikan hewan bekantan, maka datanglah di saat pagi hari tiba atau saat matahari kembali ke peraduannya. Jangan khawatir, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk dapat masuk ke tempat wisata Balikpapan ini.

Tempat Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan
3. TEMPAT WISATA PANTAI KEMALA (PANTAI POLDA) BALIKPAPAN

Pantai Kemala merupakan salah satu tempat wisata favorit di Balikpapan yang tidak boleh dilewatkan. Pantai ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan pasir pantai dan asyiknya mandi dengan ombak.
Lokasinya yang ada di pusat kota menjadikan pantai ini menjadi primadona wisatawan dan selalu ramai pada hari libur atau akhir pekan. Di pantai ini anda juga dapat menikmati aneka sajian kuliner yang menggoda, anda dapat menikmati sajian masakan seafood hingga kuliner Eropa.
DI pantai ini juga ada wahana bermain berupana banana boats, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 25 ribu per orang. Bahkan bermain jet ski dapat dilakukan di tempat wisata Balikpapan yang satu ini, Anda dapat menyewa jet ski sebesar Rp 800 ribu per orang selama 1 jam.
Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Kemala ini sebesar Rp 500 per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka dikenai tarif Rp 1000 (kendaraan roda dua) dan Rp 2 ribu (kendaraan roda empat).
Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera bermain di pantai yang juga dikenal dengan nama pantai Polda ini.
Tempat Wisata Pantai Kemala (Pantai Polda) Balikpapan
4. TEMPAT WISATA PANTAI LAMARU BALIKPAPAN
Satu lagi tempat wisata pantai di Balikpapan yang tidak boleh dilewatkan adalah pantai Lamaru. Pantai ini memiliki pemandanga yang sangat indah, di pinggirnya dihiasi oleh pohon cemara. Untuk masuk anda hanya harus mengeluarkan uang Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenai tarif sebesar Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15 ribu (bus).
Di pantai ini anda dapat menikmati romantisme suset yang menawan.
Tempat Wisata Pantai Lamaru Balikpapan
5. TEMPAT WISATA ALAM HUTAN LINDUNG SUNGAI WAIN BALIKPAPAN
Jika anda ingin bertemu dengan maskot kota Balikpapan, disinilah tempatnya. Kalau kita melihat di TV atau gambar-gambar beruang sepertinya hewan yang bersahabat, baik dan lain sebagainya, tapi kalau liar tentu saja tidak bisa kita dekati sembarangan.
Hutan Lindung Sungai Wain ini menjadi rumah bagi beraneka macam satwa seperti orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan yang bernama Jahe Balikpapan. Luas hutan hujan tropis ini sekitar 10.000 Ha.
Hutan ini ada di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda. Jika anda tertarik untuk menikmati keindahan flora dan fauna hutan ini, anda dapat mengambil 4 pilihan paket kunjungan. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp 350 ribu rupiah untuk Paket A (1-6 tamu).
Tersedia dua tur yang dapat Anda pilih, yakni tur “Track Eko-PLH-Kebun Raya” dan tur “Mangrove dan Selok Puda”. Juga, ada pemandu wisata yang akan membantu Anda dalam menyusuri hutan lindung tersebut.
Nah, kira-kira paket mana yang anda pilih?
Tempat Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan
6. TEMPAT WISATA PANTAI MANGGAR SEGARA SARI BALIKPAPAN
Nah, ini dia tempat wisata pantai di Balikpapan yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai ini termasuk terfavorit bagi wisatawan. Pantai ini selalu ramai, apalagi kalau hari libur, wah sangat luar biasa sekali ramainya.
Pantainya yang luar dan tidak terlalu dalam serta pasirnya yang lembut akan membuat anda betah berlama-lama di pantai ini. Di pinggir-pinggirnya terdapat banyak warung makan yang menyajikan aneka kuliner yang menggoda.
Ada banyak wahana yang bisa anda coba seperti bermain bola, bermain layang-layang, jet ski, banana boat, berenang, bermain perahu ban, volley pantai, hingga bersepeda. Atau hanya sekedar bersantai di bawah pepohonan yang rindang di sekitar kawasan pantai.
Untuk dapat masuk anda hanya harus mengeluarkan uang Rp 1.000 per orang. Jika membawa kendaraan, akan dikenai tarif Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15 ribu (bus).
Sangat disayangkan sekali kalau sampai anda lewatkan.
Tempat Wisata Pantai Manggar Segara Sari balikpapan
7. WISATA BELANJA PASAR KEBUN SAYUR BALIKPAPAN
Nama pasarnya kebun sayur, tapi isinya bukan pedang sayur lo. Di pasar kebun sayur anda dapat menemukan berabgai perlawatan sehari-hari, pernak-pernik, makanan, kerajinan dari permata, manik- manik, batik motf ampik, dan kerajinan tradisional Dayak (mandau dan senjata lainnya). Pokoknya di tempat ini anda dapat menyalirkan hasrat berbelanja anda sampai pusa.
Terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan, Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Balikpapan yang satu ini setiap hari. Pasar Kebun Sayur pada umumnya buka sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore WITA. Jika Anda ingin mendapatkan makanan khas Balikpapan, sebut saja amplang kuku macan, maka Anda dapat menemukannya di Pasar Kebun Sayur.
Wisata Belanja Pasar Kebun Sayur balikpapan
8. OBYEK WISATA PENANGKARAN BUAYA TERITIP BALIKPAPAN
Di Balikpapan ada tempat penangkaran buaya. Ada banyak sekali buaya dengan ukuran jumbo di Tempat penangkaran Buaya Teritip ini. Jumlah buaya disini ada sekitar 1.450 ekor, mulai dari buaya muara hingga dua spesies buaya yang terancam punah, yakni buaya air tawar dan buaya supit.
Lokasi taman buaya ini sekitar 5 ha dan mulai dibuka pada 1991. Anda ingin merasakan sensasi memberi makan buaya? Anda bisa memberi makan buaya dengan membeli ayam seharga Rp 10 ribu untuk umpan buaya. Nah, ternyata di penangkaran buaya ada gajah Lampung. Anda bisa menaiknya, berkeliling dan berfoto dengan gajah ini.


Anda bosa dengan yang mainstream? Yuk cobain yang antimainstream, sate buaya. Oh ya, untuk kehalalannya silahkan tanyakana kepada yang lebih pakar ya, jangan sampai kita makan sesuatu yang tidak halal ya. Sekedar info saja harga sate buaya adalah Rp 3 ribu per tusuk. Disini juga ada aneka cinderamata berbentuk buaya dan aneka olahan kreatif dari kulit buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, dan tali jam tangan di tempat ini.
Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini terbuka untuk umum setiap hari, sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore WITA. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Penangkaran Buaya Teritip sebesar Rp 10 ribu per orang.
Bagaimana? anda tertarik mengunjungi tempat penangkaran buaya ini?
Obyek Wisata Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan
9. BERWISATA KE TAMAN BEKAPAI BALIKPAPAN
Saat malam hari tiba, anda bisa nongkrong di taman Bekapai yang indah. Taman ini di setting sedemikian rupa sehingga pengunjung akan merasa nyaman disini. Lokasinya ada di pusat kota, dan sudah menjadi tempat nongkron favorit anak muda.
Bagi anda yang suka browsing gratis, disini tempatnya. Di sisi luar taman, terdapat sekumpulan pedagang yang menyediakan makanan dan minuman bagi Anda yang ingin bersantap ria. Tak aneh, taman ini menjadi salah satu tempat yang menarik di Balikpapan bagi siapapun yang ingin bersantai. Inilah sebab taman tersebut dinamakan Bekapai, yang artinya santai.
Wah, malam hari akan semakin asyik.
Berwisata ke Taman Bekapai Balikpapan
10. MONPERA BALIKPAPAN
Monumen ini menjadi bukti sejarah perjuangan rakyat Balikpapan untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Lokasi monumen ini ada di Jl. Jenderal Sudirman (di depan markas Makodam VI Tanjung Pura). Monumen ini memiliki latar belakang pantai berpasir putih dan dikelilingi taman yang tertata apik.
11. TEMPAT WISATA ALAM BUKIT BANGKIRAI BALIKPAPAN
Satu lagi tempat wisata alam di Balikpapan yang wajib dikunjungi adalah bukit bangkirai. Bukit ini menjadi obyek wisata yang tidak boleh anda lewatkan. Anda dapat berpetualang menyusuri canopy bridge atau sebuah jembatan yang menghubungkan 5 buah pohon bangkirai. Jembatan ini terbuat dari tali dan alasnya dari papan.
Tempat Wisata Alam Bukit Bangkirai Balikpapan
12. TEMPAT WISATA PANTAI MELAWAI BALIKPAPAN
Satu lagi obyek wisata pantai di Balikpapan yang harus anda kunjungi adalah pantai melawai. Pandai ini letaknya berdekatan dengan pantai Kemala. Pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Anda dapat menikmati indahnya sunset disini.
Tempat Wisata Pantai Melawai Balikpapan
13. OBYEK WISATA KAMPUNG ATAS AIR MARGASARI BALIKPAPAN
Sekarang kita sudah sulit menemukan kampung apung, nah di Balikpapan ada wahana kampung atas air. Pemerintah setempat membuat kampung atas airMargasari. Di kampung ini anda dapat menikmati suasana kampung yang mengapung diatas air, mirip dengan yang ada di Venice, Eropa. Pengunjung dapat megelilingi kampung ini dan berinteraksi dengan warga kampung. Selain itu juga dapat memancing dengan menggunakan alat pancing yang sudah disediakan.
Obyek Wisata Kampung Atas Air Margasari Balikpapan
14. OBYEK WISATA ALAM HUTAN WANAWISATA BALIKPAPAN
Anda pecinta alam? Hutan Wanawisata merupakan salah satu tempat wisata alam terkenal di Kalimantan yang tidak boleh anda lewatkan. Disini sangat cocok sekali untuk piknik bersama keluarga. Hutan Wanawisata bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dari pusat kota Balikpapan. Jam buka tempat wisata ini adalah 08:00 – 17:00 dengan biaya tiket masuk sebesar 1.000 Rupiah per orang.
Obyek Wisata Alam Hutan Wanawisata Balikpapan
15. WISATA BELANAJA PASAR KLANDASAN BALIKPAPAN
Anda ingin berjalan-jalan ke pasar sambil menikmati indahnya pantai? Di pasar Klandasan tempatnya. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang berada di dekat pantai yang indah, anda dapat menemukan berabgai kebutuhan rumah tangga mulai dari makanan, ikan segar, buah, sayur, pakaian sampai sandal. Harga barang yang dijual lebih terjangkau dan Anda juga masih bisa menawar harga di sini.
Wisata Belanaja Pasar Klandasan Balikpapan
16. WISATA MILITER ANGKASA AIR SOFT GUN AREA BALIKPAPAN
Anda ingin mencoba olahraga ala militer di Balikpapan, coba aja olahraga Air Soft Gun. Bahkan di Kota Balikpapan ada perkumpulan pecinta Soft Gun namanya BBMAD (Balikpapan Beruang Madu Airsoft Detacement).
Wisata Militer Angkasa Air Soft Gun Area Balikpapan
17. TAMAN TIGA GENERASI RING ROAD BALIKPAPAN
Tiga Generasi Ring Road merupakan taman yang selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Taman ini menjadi tempat berkumpulnya keluarga dari berbagai tempat.
Taman Tiga Generasi Ring Road Balikpapan
18. MENIKMATI KEINDAHAN DARI GUNUNG DUBS BALIKPAPAN
 Gunung Duds bukanlah sebuah gunung melaikan nama kawasan dataran tinggi di Balikpapan tempat kompleks perumahan Pertamina dan juga dekat dengan kilang minyak.Nah, di kawasan ini kita bisa melihat pemandangan kota di malam hari yang apik. Di pinggir jalanan banyak ditemui pepohonan yang rindang sehingga kawasan ini terasa sejuk. Lampu-lampu kota terlihat menawan dari Gunung Dubbs, dari sini kita juga bisa melihat semacam drum raksasa tempat hasil perkilangan minyak Pertamina.
Pada malam hari anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya dari tempat ini.
Menikmati Keindahan dari Gunung Dubs Balikpapan
19. WISATA KULINER RUKO BANDAR BALIKPAPAN
Jika anda sudah laper jalan-jalan seharian, nah mampir disini. Anda bisa menikmati aneka kuliner yang lezat di tempat ini. Ruko Bandar merupakan kawasan café dan restoran yang terletak di pinggir pantai dan masih berada di pusat kota Balikpapan, yaitu di kawasan Jalan Suirman. Kawasan yang dilewati taksi/angkot nomer 3 ini menawarkan pengalaman makan malam yang romantis dengan diiringi suara air laut dan penerangan lilin-lilin kecil. Saya singgah di salah satu café yang bernama Lotus Café.
Untuk menikmati kuliner ini, kantong anda tidak akan samapi jebol, karena harganya tidak mahal, misal saja untuk menu kepiting dibandrol dengan harga Rp 35.000 dan Roti Canai Rp 17.000. Cukuplah untuk mengisi perut sambil menikmati malam yang romantis di pinggir pantai.
Wisata Kuliner Ruko Bandar Balikpapan
20. TEMPAT WISATA KULINER BEACH HOUSE BALIKPAPAN
Satu lagi tempat makan yang sayik di Balikpapan adalah Beach House. Beach House memberikan suasana yang lebih eksklusif ala hotel bintang lima. Kawasan ini terletak di daerah Batakan, sekitar setengah jam dari pusat kota Balikpapan. Dan sesuai dengan konsepnya yang eksklusif, harga makanan di sini pun menyesuaikan dan agak mahal. Saya memesan sup jamur dengan porsi kecil yang dibandrol dengan harga Rp 24.000 dan makanan-makanan berat dibandrol dengan harga mulai Rp 30.000.
Tempat Wisata Kuliner Beach House Balikpapan
21. TEMPAT WISATA BUDAYA RUMAH ADAT BALIKPAPAN

Kalau anda ke Balikpapan jangan sampai lupa untuk singgah di rumah adat Balikpapan.
Tempat Wisata Budaya rumah adat Balikpapan
22. WAHANA BERMAIN KELUARGA LAPANGAN MERDEKA BALIKPAPAN
Lapangan merdeka merupakan tempat berkumpul favorit di Balikpapan, hampir mirip dengan taman kota bandung. Disini dilengkapi dengan jogging track jalan raya beraspal membuat lapangan merdeka menjadi tempat tujuan berolahraga untuk jogging, dan ini adalah olahraga ringan yang paling banyak di lakukan di lapangan merdeka
Wahana Bermain Keluarga Lapangan merdeka Balikpapan
23. PLAZA KEBUN SAYUR BALIKPAPAN
Plaza Kebun sayur bukan plaza yang menyediakan aneka sayuran, melainkan pusat perbelanjaan terkenal di Balik papan. Lokasinya ada di Balikpapan Barat, anda bisa memiliki baju-baju dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tempat belanja lainnya. Semua kebutuhan fashion lengkap tersedia di Plaza Kebun Sayur, mulai dari baju, jilbab, sepatu, aksesoris dan lain-lain. Namun untuk mendapatkan barang-barang keren dengan harga murah, sobat harus pintar tawar menawar dengan penjual.
Anda tertarik untuk shopping disini?
Plaza Kebun Sayur Balikpapan
24. TEMPAT WISATA BELANJA BSB (BALIKPAPAN SUPER BLOK)
Nah, inilah pusat perbelanjaan terbesar di Balikpapan. Terdiri dari 7 lantai, Mall ini berdiri pada 2009.
Tempat Wisata Belanja BSB (Balikpapan Super Blok)
Bagaimana? Anda tertarik berlibur ke Balikpapan? Tunggu apalagi, segera rencanakan perjalanan anda. Segera estimasi waktu dan biaya yang akan dihabiskan selama berlibur ke Balikpapan. Kalau anda sudah pernah berlibur ke Balikpapan, tidak ada salahnya juga untuk berbagi cerita kepada kami.
Itulah 24 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bermanfaat untuk memandu perjalanan anda di Balikpapan. Janga n lupa juga untuk membagikan panduan wisata ke Balikpapan ini dengan yang lainnya agar yang lain juga tahu diamana saja tempat wisata terkenal di Balikpapan yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar